8/06/2015 06:08:00 PM
Unknown
Begini Saya Hanya seorang newbie programmer ingin mengshare dasar" pemrograman yang perlu diketahui terkadang banyak newbie bingung untuk belajar pemrograman dari mana disini ane harap ane bisa sedikit ngeshare ilmu yang ane punya tentang dasar" pemrograman Disini . Ask Dasar Pemograman C / lain" disini yang kami bahas adalah mengenai dasarnya yang bahasa yang sering digunakan didalam semua pemrograman.Namun mohon maaf kalau ada kesalahan Saya juga hanya seorang NewBie yang cuman ngerti bahasa html sama pemograman
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer.
Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer).
Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Sekarang kita masuk ke dasarnya pada dunia Pemrograman biasanya pada beberapa bahasa
seperti delphi,c.dll script terbagi menjadi 3 bagian yaitu
Ø Head
Biasanya pada head ini berisi tentang deklarasi,variable dll
Ø Body
Kalau di body berisi tentang prosedur biasanya dan ada disini biasanya script dimulai
Ø Foot
Disni biasanya adalah bagian akhir yang diakhiri dengan End. / End Class dllNamun ada juga beberapa bahasa pemograman yang tidak memakai urutan tersebut namun sebenarnya mirip contoh seperti di VB setiap dalam tombol / Command Button / Form Load dll diawali dengan nama button dan diakhir dengan akhir button seperti
Private Sub Button19_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button19.Click
End Sub
Note : Diakhiri Dengan End Sub
Selanjutnya adalah pada bagian deklarasi disini terkadang nubie bingung apa sih kaya misalkan
Dim H as String
Dim H as Real
Var H = Real;
String / Real yang seperti di atas itu adalah namanya Tipe Data disitu dapat disimpulkan bahwa Variable H sebagai String(Tulisan) / Variable H sebagai bilangan real
MACAM" TIPE DATA
Tipe data sederhana (primitive type):
adalah tipe data yang hanya mampu menyimpan satu nilai tiap satu variabelnya.
Contoh tipe data sederhana adalah tipe numerik (integer dan real), tipe data karakter, tipe data boolean dan tipe data ennumerasi.
Tipe data kompleks (complex type):
adalah tipe data yang mampu menyimpan lebih dari satu nilai dalam tiap satu variabelnya.
Contoh tipe data kompleks adalah string, array (larik), record dan object.
Bentuk umum dari deklarasi tipe data adalah
Type pengenal = tipe
Keterangan:
pengenal : nama pengenal yang menyatakan tipe data.
tipe : tipe data yang berlaku dalam Turbo Pascal.
TIPE DATA SEDERHANA
1 Tipe Ordinal
Semua tipe sederhana disebut tipe ordinal kecuali real. Karakteristik tipe data ordinal antara lain :
- Semua kemungkinan nilai dari suatu tipe ordinal merupakan himpunan berurutan dan setiap nilai berkaitan dengan ordinalitasnya yaitu nilai integral.
- Fungsi standard ord dapat diterapkan pada sembarang tipe ordinal untuk mengetahui ordinalitasnya.
- Fungsi standard pred dapat diterapkan untuk mengetahui predesesor.
- Fungsi standard succ dapat diterapkan untuk mengetahui suksesor.
2 Tipe Integer
Tipe integer adalah tipe data yang nilainya tidak mempunyai titik desimal. Ada lima tipe data yang termasuk dalam kelompok ini seperti terlihat pada tabel di bawah ini.
Tabel
2.1 Tipe integer
Tipe Batas Nilai Ukuran dalam byte
byte 0..255
shortint -128..127
integer -32768..32767
word 0..65535
longint -2147483648.
Tipe data juga menentuka operasi yang bisa dikerjakan. Pada tipe integer operator-operator yang bisa dikerjakan antara lain:
Operator-operator pada tipe integer
Operator : Kegunaan
+ : Penjumlahan
- : Pengurangan
* : Perkalian
div : Pembagian
mod : Sisa pembagian
Contoh : Misal Angka 1+1
1 yaitu Operand
+ Yaitu Operaor
3 Tipe Boolean
Data tipe boolean mempunyai dua nilai yakni benar dan salah. Dengan memakai operator and, or atau not maka dapat dibentuk ungkapan boolean yang lebih rumit.
4 Tipe Char
Tipe char digunakan untuk mendefinisikan tipe data yang nilainya merupakan himpunan karakter yang dikenal komputer seperti yang tersaji dalam tabel ASCII. Dalam program, konstanta bertipe char ditulis diantara tanda petik, misalnya ‘A’ . Perlu diingat bahwa data bertipe char hanya terdiri dari 1 karakter.
5 Tipe Terbilang
Disebut tipe terbilang karena semua nilai disebut satu persatu, contoh
Type Toko = (baru, ramai, sukses, rapi, gadjah)
Perlu diperhatikan bahwa dalam tipe terbilang semua data harus diletakkan di antara kurung, urutan datanya harus diperhatikan karena akan mempengaruhi fungsi pred dan succ.
6 Tipe Subjangkauan
Tidak jarang terjadi batas nilai yang mungkin untuk suatu perubah merupakan bagian atau subjangkauan dari tipe data yang telah didefinisikan, contoh nilai ujian adalah dari 0 sampai 100.
type Nilai = 0..100;
7 Tipe Real
Konstanta bertipe real adalah bilangan yang berisi titik desimal. Dalam Pascal paling sedikit harus ada satu digit sebelum dan sesudah titik desimal, tidak boleh ada koma dan nilainya bisa positif atau negatif.
Dalam Turbo Pascal terdapat lima macam tipe real yaitu real, single, double, extended dan comp seperti terlihat pada tabel di bawah ini.
Tipe Batasan Nilai Angka Signifikan Ukuran dalam byte
real 2.9 x 10E-39..1.7 x 10E38 11-12 6
single 1.5 x 10E-45..3.4 x 10e38 7-8 4
double 5.0 x 10E-324..1.7 x 10E308 15-16 8
extended 1.9 x 10E-4951..1.1 x 10E4932 19-20 10
comp -2E63 + 1..2E63 – 1 19-20 8
Operator-operator pada tipe real adalah :
Operator : Kegunaan
+ : Penjumlahan
- : Pengurangan
* : Perkalian
/ : Pembagian
TIPE DATA KOMPLEKS
1. Tipe String
Data yang bertipe string adalah data yang berisi sederetan karakter yang banyaknya karakter bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan yaitu dari 1 sampai 255 karakter.
Bentuk umum dari deklarasi tipe string adalah:
type pengenal = string <[panjang]>
Keterangan:
pengenal : nama tipe data.
panjang : bilangan bulat yang menentukan banyaknya karakter, bila parameter panjang karakter tidak ditulis maka dianggap 255 karakter.
2. Tipe Larik
Larik (array) adalah tipe terstruktur yang mempunyai komponen dalam jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama. Posisi masing-masing komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor indeks.
Bentuk umum dari tipe larik adalah
type pengenal = array [tipe_index] of tipe;
pengenal : nama tipe data.
tipe_index : tipe data untuk nomor index.
tipe : tipe data komponen.
Contoh,
type Vek = array [1..100] of integer;
3. Tipe Rekaman
Sama halnya dengan larik, rekaman (record) adalah kumpulan data. Perbedaan antara larik dengan rekaman adalah dalam larik semua elemennya harus bertipe sama tetapi dalam rekaman setiap elemen bisa mempunyai tipe data yang berbeda satu sama lainnya.
Bentuk umum deklarasi rekaman adalah
type pengenal = record
medan1 :tipe1;
medan2 :tipe2;
.
.
.
medann :tipen;
end;
Keterangan:
pengenal : pengenal yang menunjukkan tipe data yang akan dideklarasikan.
medan1,…, medann : nama medan yang akan digunakan.
tipe1,…, tipen : sembarang tipe data yang telah dideklarasikan sebelumnya.
Contoh deklarasi rekaman,
type Tgl_Kalender = record
Tanggal :1..31;
Bulan : 1..12;
Tahun : 1900..2000;
end;
4 Tipe Himpunan
Tipe himpunan adalah kumpulan obyek yang mempunyai tipe data yang sama dan urutan penulisannya tidak diperhatikan.Setiap onyek di dalam suatu himpunan disebut dengan anggota atau elemen himpunan
Bentuk umum deklarasi himpunan adalah
type pengenal = set of tipe_data;
atau dapat juga langsung dideklarasikan dalam bagian deklarasi perubah seperti berikut
var pengenal = set of tipe_data;
Keterangan:
pengenal : nama perubah atau pengenal yang akan dinyatakan sebagai tipe himpunan.
tipe_data : tipe data dari anggota himpunan, harus bertipe ordinal.
Contoh deklarasi himpunan adalah sebagai berikut.
type Irama = (jazz, rock, blues, country, classic);
Musik = set of Irama;
Nilai = set of 0..10;
Untai = set of char;
Huruf = set of ‘A’..’Z’;
Sakit = (pusing, mual, lemas, lesu, letih);
Penyakit = set of sakit;
5. Tipe Berkas
Berkas (file) adalah kumpulan sejumlah komponen yang bertipe data sama yang jumlahnya tidak tentu dan biasanya tersimpan dalam suatu media penyimpan luar. Jumlah komponen dalam berkas dapat ditambah jika diperlukan.
Dalam Pascal, berkas menyediakan data yang nantinya akan digunakan oleh suatu program. Berkas dapat berupa berkas yang disimpan di dalam cakram magnetis, pita magnetis, kartu plong dan sejenisnya atau berupa piranti logika yang selama ini kita gunakan, yaitu dengan statemen input dan output, yang menunjukkan piranti masukan keluaran standar (papan ketik dan layar tampilan).
Bentuk umum dari deklarasi berkas adalah
type pengenal = file of pengenal1;
Keterangan:
pengenal : pengenal yang akan dinyatakan sebagai tipe data berkas.
pengenal1 : tipe data komponen berkas.
Setelah itu kita akan masuk kedalam bagian body disana biasanya terdapat kumpulan statement / perintah nah perintah - perintah inilah yang terangkai dan menjadi suatu program.Dalam Pemrograman statement ini harus kita pahami masa aja kita bikin statement If else tapi ga tau artinya sebenernya fungsinya cukup gampang dan bisa diliat dari arti contoh statement If dalam VB Net
If InStr(TextBox1.Text, ".") > 0 Then
Exit Sub
Else
TextBox1.Text = TextBox1.Text & "."End If
Begin
Writeln("Blablabla");
MACAM STATEMENT
v RUN
Perintah ini digunakan untuk menjalankan program yang ada dakam pengingat atau memanggil suatu program dari disk atau disket sekaligus menjalankannya.
v IF .. THEN .. ELSE
Digunakan untuk melakukan perbandingan atau membuat keputusan.
v LOAD
Perintah ini digunakan untuk memanggil program yang ada dalam disk. Program di sini adalah program BASIC, yang dinyatakan dengan nama tambahan BAS.
v RUN
Perintah ini digunakan untuk menjalankan program yang ada dakam pengingat atau memanggil suatu program dari disk atau disket sekaligus menjalankannya.
v SAVE
Perintah ini digunakan untuk menyimpan program dalam cakram magnetis pada suatu pemutar, program yang disimpan dalam format standar ASCII dan juga bisa di proteksi.
v DELETE
Perintah ini digunakan untuk menghapus sejumlah baris suatu program yang aktif.
v NEW
Perintah ini digunakan untuk menghapus program dalam pengingat dan membersihkan semua variabel. Sebelum menulis program baru, sebaiknya perintah ini diberikan terlebih dahulu.
v CLS
Fungsi CLS ini digunakan untuk membersihkan layar. Pada saat layar bersih, kursor akan kembali ke posisi ojok kiri atas. Keadaan layar yang bersih dari segala macam tulisan kadang-kadang diperlukan sehingga yang tampil di layar hanya hasil-hasil yang di inginkan utuk tampil.
v LET
Memberikan nilai (yang mungkin merupakan hasil dari sebuah ekspresi) ke variabel.
v DATA
Memegang daftar nilai yang diberikan secara berurutan menggunakan perintah READ.
v FOR .. TO .. {STEP} .. NEXT
Ulangi bagian kode nomor tertentu.sebuah variabel yang bertindak sebagai counter tersedia dalam loop.
v WHILE .. WEND AND REPEAT .. UNTIL
Ulangi bagian dari kode sementara kondisi tertentu adalah benar. Kondisi ini dapat di evaluasi sebelum setiap iterasi dari loop, atau setelah.
v DO .. LOOP {WHILE} OR {UNTIL}
Mengulang bagian kode selamanya atau sementara / sampai kondisi tertentu adalah benar. Kondisi ini dapat di evaluasi sebelum setiap iterasi dari loop, atau setelah.
v GOTO
Melompat kebaris nomor atau di cap dalam program.
v GOSUB
Sementara melompat ke baris nomor atau berlabel, kembali kebaris berikut RETURN Command. Ini digunakan untuk mengimplementasikan subrutin.
v READ DATA
Untuk memasukan satu data atau beberapa data read yang berisikan variabel
v INPUT
Meminta pengguna untuk memasukkan nialai dari variabel. Pernataan itu mungkin termasuk pesan prompt.
v REM
Memegang komentar progammer, sering digunakan untuk memberikan judul program dan untuk membantu mengidentifikasi tujuan dar bagian yang diberikan kode.
v LIST
Perintah ini digunakan untuk menampilkan daftar program pada layar tampilan, printer atau ke dalam berkas.
v TAB or AT
Set posisi dimana karakter berikutnya akan ditampilkan pada layar atau di cetak diatas kertas.
Perlu anda ketahui pada bagian akhir yang perlu suatu script perograman adalah akhir yaitu biasanya ditutup dengan End .Mudah Mudahan Artikel ini dapat membantu Anda yang baru belajar pemrograman.Mohon Maaf jika ada kesalahan Saya Menulis Artikel,Saya juga masih belajar menjadi programmer. Jika ada para master yang ingin menambahkan / membenarkan penjelasan Di Blog Saya silahkan reply/Coment
Dan bagi Kamu " yang sudah Mampir di Blog Ini,Say hanya mengharapkan dan tinggalin jejaknya
4 komentar:
susah ya gan klo belajar nahasa pemrogaman,,,mampir ya ke rofiquye.blogspot.com
Info mantaps niii buat Newbie Teknik jurusan informatika . seperti ane ^_^ hehhhehehe . belajar dulu ahhh .
Maaf ya kepnjngn wkwk
Silahkan gan ^_^
Posting Komentar